Home > STNK DKI Jakarta

STNK DKI Jakarta

Melayani pengurusan STNK Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Bekasi Kota, Kabupaten Bekasi, Depok, Tangerang

 

Tentang Pajak Kendaraan BermotorPAJAK KENDARAAN BERMOTOR
(PKB)

Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor

Kendaraan bergerak adalah semua kendaraan beroda berserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik yang terdiri dari motor atau peralatan lain yang berpasangan untuk mengubah sumber daya energi tertentu menjadi tenaga kerja yang bergerak, yang melibatkan alat, dan alat dalam operasinya mengunakan roda dan motor yang tidak terpasang permanen dan kendaran terhubung yang dioperasikan di udara.
Pajak Kendaraan Bermotor, pajak atas kepemilikan dipungut dan / atau penguasaan kendaraan.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.
Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing sehingga berdampak  ke banyak aspek antara lain pertumbuhan urbanisasi dan pertumbuhan kendaraan bermotor. Dalam pertumbuhan urbanisasi dan kendaraan bermotor peranan biro jasa stnk sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik secara perorangan maupun badan usaha dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor seperti perpanjangan STNK, balik nama, mutasi dll. Mengapa biro jasa masih dibutuhkan di DKI Jakarta?  Seiring dengan  kesibukan para pemilik kendaraan bermotor hal2 seperti pengurusan STNK tidak sebanding dengan nilai waktu yang dikorbankan sehingga memih menggunakan biro jasa yang dapat dipercaya.  Begitu juga dengan perusahaan lebih baik mencari pendor khusus mengurusi surat-surat kendaraan bermotornya bersama biro jasa yang berbadan usaha, namun tidak sedikit juga masyarakat mengurus sendiri surat-surat kendaraanya karena pelayanan samsat juga sudah lebih baik dari waktu ke-waktu. Bagi masyarakat yang mau urus sendiri stnk atau BPKB berikut kami sampaikan alama Samsat untuk pengurusan STNK di wilayah DKI Jakarta. Samsat wilayah di DKI Jakarta ada 5 kantor dan beberapa gerai dan Drive thru

Mau perpanjang STNK? Syarat Untuk Perpanjangnya

Bila anada berpergian tentu anda selalu menggunakan kendaraan apakah itu kendaraan roda empat atau pun roda dua, tetapi pada umumnya pengguna kendaraan rata-rata lebih memilih kendaraan roda empat karena lebih nyaman. Dan tentunya akan lebih nyaman anda membawa kelengkapan dokumen SIM & STNK kendaraan untuk mengantisipasi apabila ada razia dari pihak kepolisian  sehingga anda sudah siap dan tidak perlu takut. Sebelum berpergian baiknya dicek dulu  baik STNK anda siapa tau masa berlakunya sudah habis atau sudah jatuh tempo, apabila sudah jatuh tempo masa berlakunya,  apabila sudah lewat masa berlaku STNK pihak kepolisian pada saat  pemeriksaan  dijalan anda dapat langsung dikenakan tilang tanpa berdiskusi dengan pihak kepolisian dulu.

Pada waktu pertama kali anda memiliki kendaraan, dokumen yang anda dapatkan ada 3 jenis , yakni KTL STNK dan BPKB.
KTL ( keterangan tanda lunas) adalah keterangan wajib pajak atas biaya yang dibebankan seperti Pokok pajak, BBN-KB (Bea balik nama), SWDKLLJ ( Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan raya) ADM STNK (adminitrasi surat tanda nomor kendaraan)  ADM TNKB (adminitrasi tanda nomor kendaraan bermotor). Lembar KTL biasanya disatukan dalam satu sampul plastik dengan STNK. Besaran biaya yang dipungut oleh  samsat atas SWDKLLJ, ADM STNK, ADM TNKB berbeda setiap  kendaraan bermotor
- SWDKLLJ Roda 4 Rp. 143. Roda 2 Rp.35.000 Roda Roda 6 Rp. 163.
- Adm STNK Roda 4 Rp. 200.000 Roda 2 Rp.100.000 Roda 6 Rp. 200.000
- Adm TNKB Roda 4 Rp. 100.000 Roda 2 Rp.60.000 Roda 6 Rp.100.000.
Biaya tersebut diatas  dibayarkan saat bayar pajak dan  perpanjangan STNK
KTL ini sama dengan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan setiap tahun dan tidak bisa dibayarkan sekaligus 2 tahun atau lebih karena sudah ada ketentuan. Pengenaan pajak dan penetapan  dilakukan saat pertama kali kendaraan didaftarkan di kantor Samsat sesuai tanggal bulan pada waktu pertama kendaraan didaftarkan di Samsat. Tgl bln dan thn masa berlaku pajak dicatat pada kolom tertera dibawah pojok KTL sehingga anda dengan mudah dapat memperhatikan masa berlaku pajak kendaraan anda. Dianjurkan juga wajib pajak membayar pajak sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan yg besarnya telah diatur dalam undang-undang yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Penetapan tgl dan bulan oleh Dispenda sebagai aba-aba  mempersiakan diri dan segera langsung melakukan pembayaran pajak sebelum jatuh tempo.  Untuk membayar pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan satu bulan sebelum jatuh tempo , bayar pajak kendaraan anda bisa datang ke kantor Samsat  lalu anda dapat langsung mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Samasat atau anda tidak ada waktu dapat memakai biro jasa stnk yang dapat dipercaya.

Berikut ini adalah ketentuan yang harus anda ketahui dan dapat anda laksanakan saat ingin bayar pajak kendaraan bermotor.

Bayar Pajak/ pengesahan STNK



Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis pajak dalam KTL yang wajib anda bayarkan, pajak tersebut adalah Pajak tahunan dan  STNK 5 tahunan. Apa perbedaannya? perbedaannya tentu terletak hanya pada pengesahan dan penggantian STNK nya saja. Jika membayar pajak tahunan, maka STNK tersebut akan disahkan dan diberi paraf serta cap oleh pihak kepolisian pada kolom yang terletak sebelah bawah kiri yang telah tercetak pada lembar pajak (KTL).  Sementara utuk 5 tahunan, STNK akan digantikan dengan kertas baru STNK kendaraan bermotor dengan masa berlaku selama 5 tahun dan pada tahun berikutnya STNK akan di cap lagi sebanyak empat kali selama empati tahun berturut-turut saat bayar pajak   kendaraan bermotor.

Biaya Perggantian STNK (PNBP) pendapatan negara bukan pajak.

Jika hendak memperpanjang STNK, maka harus menyiapkan dokumen sebagai berikut:
‌KTL + STNK lama Asli dan fotokopian
‌Fotokopi BPKB
‌Membawa KTP asli dan Fotokopinya sesuai nama yang tercantum di STNK dan BPKB
‌Cek Fisik Kendaraan (untuk syarat perpanjang STNK setiap 5 tahun)

Prosedur Perpanjang STNK di Samsat

Setelah semua persyaratan telah lengkap, maka datangilah kantor samsat terdekat dengan lingkungan atau daerah Anda dengan membawa semua prosedur yang ada. Berikut prosedur pengajuan perpanjangan STNK yang ada disamsat:

Mengisi formulir permohonan untuk perpanjagan STNK di Loket pendaftaraan da nisi sesuai data yang ada di STNK dan

BPKB

Menyerahkan dokumen permohonan perpanjang STNK ke loket Penyerahan berkas, tunggu hingga dipanggil oleh petugas

Anda akan menerima Slip pembayaran pajak, dan lihat berapa jumlah pajak yang harus dibayar

Menuju kearah kasirlah dan lakukan pembayaran pajak

STNK tersebut. dapatkan bukti pelunasanya

Kemudian tunggu kembali di ruang tunggu, sampai nama Anda dipanggil khusus untuk perpanjang STNK 1 tahun, untuk yang 5 tahun, lanjutkan dengan membawa bukti pelunasan pajak ke loket TNKB untuk mendapatkan plat nomor baru.

Catat Waktu Kadaluarsa STNK Anda

Agar Anda tidak lagi lupa, ternyata STNK Anda sudah habis masa berlakunya dan perlu diperpanjang, sebaiknya catat waktu habisnya STNK tersebut, atau apabila perlu buatlah reminder dalam smartphone Anda. Jangan lupa juga, khusus Anda yang memiliki kendaraan roda empat, untuk menyiapkan dana khusus keperluan STNK.

STNK
Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau disingkat STNK, adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat pelayanan penerbitan/pengesahan STNK oleh 3 instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. STNK merupakan titik tolak kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan.

Masa berlaku STNK adalah 5 tahun, dan setiap perpanjangan STNK, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.

Apabila sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK, maka dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

- Samasat  Jakarta Selatan
beserta gerai support yang terbaru dan lengkap adalah sebagai berikut:
‌Kantor Samsat Kompleks Gedung Polda Metro Jaya, Jl. Gatot Subroto RT 5 / RW 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110. Di lokasi ini selain melayani pembayaran PKB juga BBN.
‌Gerai Blok M Mall, Plaza Dua, GF, jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jaksel 12160. Dislokasi ini hanya perpanjangan STNK tahunan
‌Gerai Gandaria City, jalan Kampung Dukuh no 35, Kebayrn. Lama, Jakarta Selatan 12240. Dislokasi ini hanya perpanjangan SIM dan STNK tahunan
‌Gerai Samsat Pasar Minggu (Ragunan), berada di jalan Ragunan no. 29, Jati Padang, Pasar Minggu, Jaksel 12540. Lokasinya tepat di area kantor kecamatan Ps. Minggu.
‌Alamat Gerai Blok M Square, jl. Melawai 4 no 25 & 26, Keb. Baru, Jaksel.
Semua lokasi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkat Samsat) tersebut melayani pembayaran pajak mobil dan motor dengan cepat. Terutama untuk kantor gerainya.

- Samsat Jakarta timur
Berikut ini adalah alamat lengkap dari kantor samsat dan gerai samsat di Jakarta Timur:
‌Jalan DI panjaitan Kav. 55, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jaktim
‌Tamini Square Lt UG blok US 57 no. 4, Jl. Taman Mini Raya, Pinang Ranti, Jakarta Timur
‌Kantor kecamatan Pulogadung, Jl. Raya Bekasi KM 18, Pulo Gadung, Jakarta Timur
‌Pasar Induk Kramatjati (area parkir), kampung tengah, Pasar Kramat Jati, Jaktim
‌Gerai samsat keliling.Pusat Grosir Cililitan, jalan Mayjen Sutoyo no 76, lantai 7, Cililitan, Jaktim.Kantor
‌Satlantas Kebon Nanas, Jl. D.I Panjaitan blok F no. 12, Cipinang, Cempedak, Jakarta Timur 13340.

- Samsat Jakarta Pusat/Utara
‌Jl. Gunung Sahari No. 13, Pademangan, Jakarta Utara 14420
‌Kantor Polsek Metro Kemayoran, Jl. Landasan Pacu

- Samsat Jakarta Utara
‌Jl. Mangga Dua Raya, RT.11/RW.5, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
‌Jl. Artha Gading Sel. No.1, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

- Samsat Jakarta Barat
‌Kantor utama: Jalan Daan Mogot KM 13, Cengkareng, Jakarta Barat 11730. No telepon: (021) 544-2283.
‌Alamat gerai:Jalan Kamal Raya (Outer Ringroad), Cengkareng Timur, Mall Taman Palem lantai G no. DS 25. Nomer telp: (021) 543-51813.
‌Jalan Kembang Kerep No. 12G, Kembangan Selatan, Jakbar 11610.Lippo Mall Puri, Lt. Basement,
‌Jl. Puri Indah Raya Blok U1, Puri Indah CBD, Puri Kembangan, Jakarta Barat

Gerai SAMSAT dan SIM akan melayani masyarakat pada Hari Senin s/d Jumat, pukul 08.00 s/d 14.00 WIB sedangkan untuk Sabtu, gerai akan beroperasi pada pukul 08.00 s/d 11.00 WIB.


Bila tidak mempunyai waktu atau kurang mengerti dalam hal pengursan surat-surat kendaraan bermotor, dapat menghubungi kami

Kami Menyediakan Jasa Pengurusan STNK BPKB di Wilayah Kebayoran lama  Cilandak, Bintaro, BSD WA 0822 4936 6932  Dan Sekitarnya . Kami Juga Melayani Pengurusan STNK BPKB Di Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Cilandak Barat, Lebak Bulus, Pondok Labu .

BERIKUT PRODUK LAYANAN JASA CV.KEMIT JAYA

  • Perpanjangan STNK 5 Tahun / Ganti Plat Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Roda 2, Roda 4  dan diatas Roda 4 Plat Nomor Polisi Jakarta dan luar Jakarta.
  • Perpanjangan Pajak STNK 1 Tahun / Per-Tahun Kendaraan Bermotor Roda 2, Roda 4 dan diatas Plat Nomor Polisi Jakarta dan luar Jakarta.
  • Cek Phisik / Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan Bermotor Plat Nomor PolisiJakarta dan luar Jakarta.
  • Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor Roda 2, Roda 4 dan diatas Roda 4 Plat Nomor Polisi Luar daerah.
  • Cabut Berkas arsip dokumen STNK / BPKB Kendaraan Bermotor di Seluruh Kabupaten dan Kota Seluruh wilayah Indonesia.
  • Mutasi dan Balik Nama Kendaraan Bermotor dalam Kota dan Provinsi.
  • Pendaftaran Kendaraan Bermotor Baru (BBN — I).
  • Pendaftaran Kendaraan Bermotor Mutasi Masuk dari Luar Daerah.
  • Pendaftaran Balik Nama alih kepemilikan Kendaraan Bermotor / Tukar Nama.
  • Pendaftaran permohonan Duplikat STNK.
  • Pendaftaran Pindah Alamat / Penyesuaian Alamat STNK dalam Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.
  • Pendaftaran Rubah Bentuk Kendaraan Bermotor.
  • Pendaftaran Ganti Mesin / Rangka Kendaraan Bermotor.
  • Pendaftaran Ganti warna Kendaraan Bermotor.
  • Pendaftaran Ganti Nomor Polisi Kendaraan Bermotor.
  • Penyesuaian alamat STNK dan alamat KTP baru
  • Pendaftaran balik nama kendaraan bermotor ex kedutaan atau badan-badan internasional

TENTANG KIR

Uji KIR adalah Menjamin kelayakan kendaraan penumpang atau barang (angkot, bus, truk) yang ada di jalan sudah seharusnya diawasi oleh pemerintah. Pengawasan yng dilakukan tersebut berupa uji kir (uji berkala).

Uji berkala yang dilakukan pemerintah, khususnya kementerian perhubungan,  sudah jelas diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (PP LLAJ). Serta diperdalam pembahasannya pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 133 tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (Permenhub PBKB).

Pada pasal 53 ayat satu UU LLAJ, uji berkala sebagaimana dimaksud, wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum, bus, barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di Jalan. Lalu pada pasal 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan, pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

Selain pada pasal 53, aturan uji berkala ini secaa lebih  lanjut diperjelas pada pasal 54 dan 55 UU LLAJ.

Terkait dengan waktu pelaksanaanya, juga sudah dijelaskan  pada pasal 5 ayat 3 Permenhub PBKB, di mana uji berkala perdana dilakukan paling lama satu tahun, setelah terbit surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang pertama kali. Kemudian pada ayat 3, perpanjangan uji berkala selanjutnya dilakukan 6 bulan setelah uji berkala pertama, dan dilakukan terus menerus setiap enam bulan sekali.

Sanksi
Sebagai pelengkap aturan, pemerintah tentu memberikan sanksi yang tegas terhadap pihak yang melanggar ketentuan uji berkala tersebut. Seperti pada UU LLAJ pasal 76 ayat 1, yang tertulis, setiap orang yang melanggar ketentuan pasal uji berkala dikenakan sanksi administratif, berupa peringatan tertulis, pembayaran denda, pembekuan izin, dan pencabutan izin.

Selain itu, sanksi juga diberikan bagi petugas yang secara sengaja tidak melakukan pengujian kendaraan saat uji berkala, dengan benar dan sesuai aturan perundang-undangan. Sanksinya yaitu, dicabutnya sertifikat kompetensi dan tanda kualifikasi teknis penguji kendaraan bermotor, yang ada di pasal 27 ayat 1 Permenhub PBKB.
 

Buku KIR berisi hasil pemeriksaan kendaraan yang sduah lulus uji KIR. Berikut ini beberapa bagian yang diperiksa saat uji KIR :

  1. Sistem kemudi.
  2. Sistem pengereman.
  3. Speedometer.
  4. Lampu dan daya pancar.
  5. Kondisi ban.
  6. Emisi gas buang.
  7. kaki Mobil dan truk.
  8. Kaca mobil.
  9. Klakson berfungsi dengan baik.
  10. Tidak di modifikasi.


Syarat Pendaftarak KIR

Syarat pendaftaran uji KIR harus dipenuhi semua tanpa terkecuali. Jika tidak, maka akan sulit lulus. Cara daftar KIR online / Cara daftar KIR offline memiliki syarat pengajuan pendaftaran KIR yang sama, seperti :

  • Dokumen lengkap, BPKB dan STNK.
  • Memiliki bukti pembayaran biaya uji KIR.
  • Kendaraan dalam kondisi baik .
  • memiliki ijin trayek untuk Angkutan Umum.
  • Memiliki sifat uji type/pengesahan rancangan bangun dan rekayasa kendaraan.
  • Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian.
  • Cara Pendaftaran Kir Mobir dan Truk
  • Mengunjungi loket pendaftaran uji KIR yang ada di sekitar wilayah anda untuk memenuhi syarat kendaraan yang sudah ditentukan.
  • Melengkapi persyaratan administrasi.
  • Memenuhi persyaratan layak jalan.
  • Membayar retribusi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Melakukan Pra Uji, yaitu pengecekan kondisi kendaraan mobil dan truk.

Title website anda